Tulisan disadur kembali dari artikel berjudul “Performa Kerja Menurun Karena Ruangan Kantor Terlalu Dingin” untuk kita semua, khususnya bagi anda pakerja yang setiap harinya berada diruangan yang ber AC, dan apa dan bagaimana dengan kondisi kita yang kita tidak sadari ketika kita seharian bekerja pada ruangan yang ber AC, dibawah ini mudah-mudah sebagai referen untuk kita bekerja pada ruangan ber AC silahkan disimak.
Ketika sebagian karyawan mengeluh bahwa suhu AC di kantor mereka terlalu dingin, sebagian dari mereka justru berkipas-kipas ria untuk mengusir kegerahan.
Padahal mereka bekerja di ruangan yang sama dengan suhu udara yang dibuat sama dengan AC central. Pernah mengalami hal semacam ini?
Kejadian ini tidak hanya terjadi di negara tropis seperti Indonesia yang suhunya selalu lembab dan panas, tapi juga terjadi di Amerika yang memiliki 4 musim. Rupanya ini bukan sekedar masalah kebiasaan, perbedaan tingkat kenyamanan atau daya tahan tubuh seseorang terhadap suhu dingin. Para peneliti menanggapi fenomena ini dengan serius dan mencari tahu alasan ilmiah yang mendasari perbedaan respon tersebut.
Menurut Georgianna Donadio, D.C., M.Sc., Ph.D, seorang dosen dan pemerhati kesehatan, kemampuan manusia untuk mengatur suhu tubuh tidaklah sama disebabkan oleh perbedaan biologis mereka.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang merasa lebih kedinginan dibandingkan rekan lainnya :
- Berat badan : Semakin banyak lemak yang ada di tubuh Anda, semakin tahan Anda terhadap cuaca dingin. Sebab Anda memiliki cadangan lemak untuk pembakaran kalori yang lebih dari cukup.
- Bentuk tubuh ideal : Orang yang memiliki otot yang kencang, pengaturan suhu tubuhnya terbukti lebih baik.
- Makanan : Orang yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, akan selalu merasa kelelahan dan kedinginan karena metabolismenya tidak bisa bekerja optimal akibat kekurangan energi.
- Usia : Semakin tua usia seseorang, semakin tidak tahan ia terhadap udara dingin sebab hormon tubuhnya telah mengalami penurunan aktivitas.
- Stres : Orang yang selalu tegang dan stres sirkulasi darahnya tidak baik sehingga ia akan merasa kedinginan.
- Jenis kelamin : Wanita lebih rentan merasa kedinginan sebab kelenjar thyroid mereka yang berfungsi mengatur suhu tubuh cenderung bekerja lebih sedikit, selain itu mereka harus menghadapi siklus menstruasi dan menopause, serta tidak memiliki otot.
- Jangan takut untuk menolak makanan yang menurut Anda tidak sehat. Saat Anda ditawari calorie and sugar dense cake sebagai dessert, dengan sopan katakan bahwa Anda sudah kenyang. Pilihlah hidangan penutup seperti agar-agar. Jika Anda tidak bisa menahan diri, batasilah dengan mengambil sedikit cake.
Orang-orang yang sering merasa kedinginan ini akan menunjukkan penurunan produktifitas dan akurasi ketika bekerja.
Cornell University dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 menemukan bahwa pada suhu 20ºC kebawah, seorang karyawan mengetik sebanyak 54% dan melakukan kesalahan sebanyak 25 %. Sementara saat suhu dinaikkan menjadi 25ºC, mereka dapat mengetik sebanyak 100% dengan error rate 10%. Perbedaan ini cukup besar dan sebenarnya dapat dicerna dengan logika, sebab tentu saja karyawan akan mengalami kesulitan mengetik jika jari jemari mereka menggigil atau bahkan kaku karena ruangan yang terlampau dingin.
Jika Anda termasuk orang yang tidak tahan dingin, ada beberapa cara untuk menghangatkan diri sendiri dan tetap produktif di tempat kerja :
<1.Mengenakan pakaian tambahan yang disesuaikan dengan suhu udara. Simpan jaket, sweater, atau pashmina di kantor sebagai penghangat tubuh ketika suhu udara mulai terasa dingin.
<2.Gunakan kaus kaki tambahan jika memang diperlukan.
<3.Bawa penghangat sendiri. Jika memang zona kerja Anda terlalu dingin dan menurunkan temperature AC bukanlah pilihan dikarenakan AC central, maka minta izinlah untuk membawa penghangat sendiri dari rumah. Anda bisa meletakkan di bawah cubicle, sehingga hanya akan berefek pada Anda saja, tidak menganggu orang lain.
Idealnya, suhu lingkungan kantor berkisar kurang lebih 22ºC.
Menurut ahli, kelembapan yang baik di kantor berada pada kisaran 30-60%.
Demikian semoga bermanfaat untuk anda semua
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan komentar sobat